Tutor asrama ITB 2015/2016 |
Aktivitas di Asrama TPB meliputi berbagai macam kegiatan
pembinaan yang dimotori oleh tutor dan kabinet di asramanya masing-masing. Dalam
melakukan pembinaan, tutor menjalankan 4 fungsi pengembangan karakter, yang
merupakan implementasi dari empat pilar pengembangan karakter mahasiswa ITB,
yaitu fungsi lingkungan, keteladanan, keterlibatan, dan pengetahuan.
Fungsi lingkungan menuntut tutor agar mampu menciptakan
lingkungan berkarakter di dalam asrama, sebuah lingkungan yang mendorong
penghuninya untuk berprestasi dan mengamalkan nilai-nilai mahasiswa ITB.
Fungsi keteladanan menuntut tutor untuk berprestasi dibidang
akademik dan non-akademik sehingga dapat menjadi inspirasi bagi penghuni yang
lain. Lebih jauh dari itu, fungsi keteladanan menuntut tutor agar mampu
memberikan contoh-contoh dalam hal nyata, seperti tidak mengeluh ketika air
mati, lampu mati, pintu rusak, dan lain sebagainya, tetapi menanggapi hal-hal
tersebut dengan cara memberikan solusi.
Fungsi keterlibatan menuntut tutor untuk mampu melibatkan
penghuni dalam berkegiatan, melibatkan penghuni dalam mengimplementasikan
nilai-nilai karakter mahasiswa ITB.
Fungsi pengetahuan menuntut tutor untuk mampu menanamkan
nilai-nilai karakter melalui diskusi, konseling, apel pagi, talk show, dan
kegiatan-kegiatan tertentu yang membuka ruang bagi tutor untuk berbicara kepada
penghuni tentang materi tertentu, yang didalamnya tersirat dan atau tersurat
penanaman nilai-nilai karakter mahasiswa ITB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar